February 25, 2019 Info Menarik 0 comment

7 Cara Mudah Millenial untuk Mulai Menabung

7 Cara Mudah Millenial untuk Mulai Menabung – Menabung merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah keuangan, karena dari menabung itu, bisa kita gunakan untuk kebutuhan masa depan, atau untuk kebutuhan mendadak. Meski terdengar mudah, mulai menabung itu terkadang sulit dilakukan. Entah karena kurang disiplin, atau tiba-tiba banyak keperluan. Bagi kamu yang sulit menabung, yuk coba ikuti beberapa tips yang telah BPR Kredit Mandiri kumpulkan :

1. Mulai Menabung dari Jumlah yang Kecil
Mungkin kamu berpikir kalau menabung harus dalam jumlah besar. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Kamu bisa mulai dengan menabung uang receh yang kamu punya. Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit.
Mungkin kamu pernah mendengar berita tentang seorang bapak yang berhasil membeli motor hanya dengan uang receh. Kamu juga bukan tak mungkin bisa melakukannya. Intinya hanya satu, niat. Jika kamu niat, pasti kamu bisa menabung, meski hanya dari uang yang jumlahnya kecil
cara menabung

2. Mempersiapkan Tempat Penyimpanan Khusus dengan Tempelan Nama
Tempat penyimpanan yang bisa kamu pakai untuk menabung biasanya toples atau amplop. Supaya kamu ingat tujuan menabungmu, kamu bisa memberikan nama di tempat tersebut. Misalnya satu tempat kamu beri nama untuk “Dana pernikahan”, jadi yang ada di dalam wadah itu adalah uang tabungan khusus untuk kamu nikah nanti. Atau jika kamu sudah menikah, maka kamu bisa beri nama ‘Dana sekolah anak”. Pemberian nama pada wadah ini bermaksud agar kamu berpikir dua kali jika ingin menggunakan uangnya untuk keperluan lain.
cara menabung

3. Ikut Tabungan Berencana Auto Debit
Kalau gajianmu dikirim via rekening bank, cara ini sangatlah efektif agar kamu bisa mulai menabung. Kamu bisa minta dibukakan rekening tabungan berencana dengan fasilitas auto debit dimana kamu bisa meminta pihak bank untuk memotong sejumlah uang dengan jumlah tertentu di tanggal gajian kamu. Dengan ini, kamu akan langsung otomatis menabung sejumlah uang di rekeningmu dan tidak tergoda menggunakan uangmu untuk hal lain !
cara menabung

4. Minta Tolong Orang Tua atau Pasangan
Kurang disiplin dalam menabung ? Kamu bisa minta tolong ke orang tua atau pasangan untuk membantumu menabung lho ! Mintalah pada mereka untuk meminta sejumlah uang setiap kali kamu gajian dan memasukan ke rekening bank tertentu. Ingatkan mereka untuk “sedikit memaksa” jika kamu ogah-ogahan untuk menabung. Mereka pasti akan dengan senang hati membantu, toh ini juga untuk masa depanmu sendiri.
cara menabung

5. Menabung emas
Keliru jika kamu beranggapan bahwa untuk bisa menabung emas harus memiliki dana yang besar. Kamu bisa membuka rekening emas lewat Pegadaian atau bank tertentu. Tentukan kamu mau punya berapa gram untuk tahun ini. Tak perlu besar-besar, cukup kurang lebih 10 gram per tahun. Untuk bisa memiliki 10 gram emas, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 6 jutaan. Menabung emas bisa dibilang efektif, karena nilanya terus bertambah dan tak tergerus inflasi.
cara menabung

6. Kurangi jalan-jalan
Hanya sedikit orang yang sadar, bahwa sering jalan-jalan merupakan salah satu penyebab orang sulit menabung. Daripada uangnya dipakai untuk jalan-jalan, apalagi jika jalan-jalannya ke tempat yang kurang berfaedah, sebaiknya uang itu ditabung saja, dan nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak. Jika ingin jalan-jalan, maka sebaiknya intensitas jalan-jalannya dikurangi, seperti misalnya sebulan sekali, atau dua bulan sekali. Dengan begitu, uang yang ditabung bisa makin besar.
cara menabung

7. Kurangi makan di luar
Makan di luar juga menjadi penyebab sulit menabung, sama seperti jalan-jalan. Jika ingin menabung, maka sebaiknya jangan makan di luar, namun cukup membawa bekal makanan dari rumah. Bahan yang kamu beli untuk membuat makanan itu juga usahakan dibeli dari pasar tradisional, karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di supermarket.
cara menabung

Semoga dengan cara di atas kamu jadi bisa lebih mudah menabung. Selamat mencoba !

Baca Juga :
Mengapa Para Pengusaha Sukses selalu Bangun lebih Pagi
5 Cara ampuh agar konsisten dalam berbisnis
5 Cara Ampuh Agar Resolusi Bisnismu di Tahun Baru bisa Sukses!
5 ide bisnis menguntungkan menjelang liburan akhir tahun
Tips Cerdas Agar Liburan tidak Over Budget
Punya 6 tanda ini dalam di anda? Maka segeralah menjadi pengusaha!
Abaikan Mitos – Mitos ini Jika Ingin Sukses Membangun Usaha

Jika Keluarga KMI membutuhkan modal usaha, BPR Kredit Mandiri Indonesia siap membantu anda, apalagi kalian yang mau bikin startup bisa kok dibantu. Gak usah capek-capek datang kekantor kami, silahkan isi aplikasi disini, biar Tim Customer Service kami yang akan menghubungi anda.

Butuh dana dengan proses cepat?

AJUKAN KREDIT SEKARANG !

Ajukan!