Apa yang Kurang dari CV Anda?


Resume atau CV atau juga yang biasa disebut dengan daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

Resume atau CV menjadi sebuah kunci utama mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan mimpi kita. Maka dari itu kita harus mencantumkan informasi penting dalam diri kita dalam CV atau Resume kita. Namun itu tidak berarti kita harus menuliskan semua hal yang ada pada diri kita.

Menurut penelitian HRD hanya akan melihat CV atau resume kita kurang dari 1 menit. Dalam jangka waktu yang singkat tersebut kita harus membuat HRD terpukau dengan informasi yang tetera pada CV kita. Apa yang sebenarnya HRD butuhkan dalam CV atau resume kita? Dan apa yang mereka tidak suka dengan CV kita? Simak tips berikut:

Kurangnya Relevansi

Banyak sekali kandidat yang melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang dan pengalam mereka. Hal tersebut yang membuat CV atau resume mereka sia-sia. Hal pertama yang harus Anda lalukan pada saat melihat lowongan pekerjaan adalah job description dan kriteria. Jika dirasa Anda tidak cocok dengan pekerjaan tersebut sebaiknya Anda mencari informasi lowongan lain.

Pastikan Anda hanya menulis informasi yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Jangan buat satu template CV untuk semua pekerjaan yang Anda lamar.

Fokus yang kurang jelas

Mencantumkan karier fokus yang jelas dalam CV sangat penting. Bagi HRD mengetahui rencana karier Anda kedepan amatlah penting.

Profil diri lemah

CV Anda harus berisi pernyataan tentang diri Anda yang kuat seperti apa yang telah Anda kerjakan dikantor lama Anda, skills Anda, pengetahuan yang Anda miliki dan juga pengalaman Anda yang dapat membantu peningkatan karier Anda.

Informasi kurang akurat

Jangan berpikiran bahwa perusahaan tahu apa yang Anda kerjakan sebelumnya. Pastikan Anda menulis secara detail pekerjaan lama Anda dan juga tugas Anda dikantor lama dan buat penjelasan secara detail. Cek berulang kali sebelum Anda mengirimkan CV Anda.

Generic cover letter

Tulis kemampuan dan data singkat mengenai siapa diri Anda dan apa skill yang dimiliki pada cover letter. Hal itu akan menjadi salah satu cara menarik perhatian HRD sebelum membaca CV Anda.

 

Sumber:Jobstreet.co.id