June 27, 2018 Info Menarik 0 comment

4 Tips Atur Uang Liburan untuk Kamu yang Boros

Ini Dia Tips Atur Uang Untuk Kamu Yang Boros Tapi Ingin Liburan

Mau liburan ke luar negeri tapi kok hanya tinggal rencana. Ibaratnya nih gajian cuma numpang lewat. Setiap diajak liburan ke luar negeri sama geng kantor, tetangga, saudara atau bahkan bekas teman sekolah selalu beralesan bokek.

Jangankan ke Eropa, nyamperin negara tetangga aja susahnya minta ampun. Yah ngenes banget, coba deh kamu praktekkan tips berikut dijamin bisa liburan ke tempat yang kamu inginkan minimal sowan deh ke negara tetangga (Singapore atau Malaysia) :

Kurangin Ngopi atau Jajan

Tips atur uang yang pertama nih, memang sih ngopi sekarang cuma modal 20 ribu udah dapet secangkir kopi enak sambil numpang ngenet gratis atau haha hihi sama sohib se-geng. Tapi coba kalau kamu tiap hari ngopi 20 ribu dikali 30 hari udah 600 ribu? Waduh uang segitu bisa untuk nabung di CIWIS (cicilan wisata) liburan ke Singapore atau Vietnam. Jadi kurangin lah minimal nih seminggu sekali atau kalau kamu addict sama kopi ya udah belajar sama barista buat bikin kopi sendiri. Siapa tahu kalau kamu belajar dan jago ngeracik bisa buka usaha kedai kopi take away sendiri.

Mulai Berbisnis Kecil-kecilan

Selanjutnya tips atur uang yang kedua, bisnis sekarang gak perlu modal besar, cukup smartphone dan kuota internet aja udah bisa jalankan bisnis sendiri. Kalau kamu jago merangkai bunga, suka desain baju atau sepatu, menjahit, masak, dll kenapa gak coba memanfaatkan keahlian atau bakat kamu menjadi peluang bisnis? Kamu tahu gak sekarang ini banyak lho usaha atau bisnis kecil-kecilan yang tak perlu modal besar tapi bisa sukses.

Dengan teknologi yang semakin mudah dan murah kamu gak akan kesulitan memulai bisnis. Sebagai contoh jika kamu buka usaha kuliner, dan tak ingin modal banyak untuk promosi, gunakan media sosial dan pelajarai penggunaannya.

Atau kamu bisa memanfaatkan ojek online sebagai jasa antar barang sekaligus promosi. Kamu tak perlu sewa tempat yang mahal, karena sekarang ini orang lebih suka duduk menunggu pesanan datang ketimbang mampir.

Ikutan Kuis atau Challenge

Wah kalau tips atur uang yang satu ini kamu harus sering kepoin info lomba, info kuis baik itu di twitter maupun instagram. Ada banyak mulai dari challenge foto, nulis, bikin video sampai kuis yang gak memerlukan talenta misalnya kuis perbanyak poin penggunaan ojek online.

Hadiahnya juga lumayan menggiurkan mulai dari voucher hotel, tiket pesawat PP, hadiah paket wisata gratis tis tis – kamu cukup bawa diri, perlengkapan liburan, dan paspor. Hadiah yang menggiurkan banget yah, biasanya banyak ditawarkan oleh brand-brand ternama. Tertarik ikutan?

Menabung Secara Konsisten

tips keuangan pribadi

Seperti yang dikatakan pada point di awal, daripada uang kamu habis untuk ngopi atau jajan di luar lebih baik ditabung di CIWIS. Apa itu CIWIS? Cicilan berjangka waktu 6-10 bulan mulai dari 568 ribu, kamu bisa pergi 4 hari 3 malam ke Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam. Dengan DP mulai 1 jutaan dan setelah lunas, kamu tinggal siapkan paspor yang masih berlaku, baju, dan pergi deh.