October 24, 2018 Info Menarik 0 comment

5 Langkah merintis usaha sendiri dengan modal kecil

Menjadi seorang pengusaha merupakan cita-cita hampir setiap orang. Karena menjadi pengusaha pasti sangat menyenangkan, dan tak sedikit pula orang yang nekat merintis usaha sendiri dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Nyatanya merintis usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan, penolakan demi penolakan serta cobaan mental pasti akan selalu ada diawal kita merintis sebuah usaha apalagi kita tidak memiliki bekal materil dan moril. Akhirnya, tak sedikit orang yang depresi karena usahanya bangkrut serta setres yang berkepanjangannya.

Untuk itu, ilmu dalam membangun usaha merupakan salah satu modal erpenting sebelum terjun ke dunia usaha. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan 5 langkah merintis usaha sendiri dengan modal kecil untuk anda yang berniat terjun ke dunia usaha:

1. Menentukan Jenis Usaha
Pada tahap ini, wawasan anda berperan sangat penting. Anda harus mampu melihat peluang bisnis dan membaca peluang tersebut. Namun usahakan, saat memilih jenis usaha yang dipilih baiknya merupakan sesuatu yang anda sukai/sesuai passion anda.
merintis usaha

2. Melakukan Survei dan Riset
Setelah melakukan langkah pertama, selanjutnya segera lakukan survei dan riset. Adapun yang wajib disurvei adalah
– Kompetitor
Ini sangat bermanfaat untuk rencana bisnis anda, dengan melakukan survei ke kompetitor anda jadi mengetahui keunggulan atau kelemahan dari usaha yang anda rintis
– Lokasi
Tempat usaha juga berperan penting dengan kelancaran usaha anda. Pilihlah lokasi untuk usaha secara cermat untuk kelangsungan usaha anda.
– Prilaku Konsumen
Riset konsumen adalah aspek terpenting pada bagian ini. Karena konsumen merupakan bahan bakar usaha anda agar terus dapat melaju, maka pelajarilah prilaku pasar konsumen yang merupakan target dari prdouk anda.
merintis usaha

3. Perencanaan Bisnis yang matang
Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya , perencanan bisnis yang matang akan menuntun anda ke bisnis/usaha sesuai dengan arah dan tujuan serta modal anda. silahkan baca artikel sebelumnya untuk membuat rencana bisnis yang baik.
merintis usaha

4. Promosikan Produk anda dengan baik
Promo merupakan aktivitas yang tak bisa dilewatkan ketika kita merintis usaha baru. Promosi sendiri terdiri dari 2 macam, promosi secara offline dan promosi secara online. Untuk promosi secara offline kita bisa mencetak brosur atau membuat spanduk di lokasi usaha kita agar konsumen tahu ada kita disana. Promosi online bisa anda bangun dengnan sosial media ataupun blog gratisan. gunakan sosial media sebijak mungkin dan sepositif mungkin dalam mempromosikan produk anda, sebutkan keuntung-keuntungan yang didapat dari produk anda.
merintis usaha

5. Modal dan Pengelolaan Keuangan
Tidak ada usaha yang tanpa modal, sama seperti anda saat merintis usaha walaupun kecil pasti anda tetap membutuhkan modal baik moril ataupun materil.
Sebagai contoh untuk membuat sebuah usaha warung bakso anda membutuhkan modal sekitar 16 jutaan. Dana tersebut adalah untuk membuat gerobak, bayar sewa tempat (gratis, jika punya lapak sendiri), biaya bahan baku, peralatan masak, meja dan kursi. Jadi modal total yang harus disiapkan adalah 25 juta, yang dimana 16 juta sebagai modal utama dan sisanya sebagai dana cadangan.
Untuk itu diperlukan pengelolaan keuangan yang baik dan modal usaha yang aman. Namun darimana modal tambahan jika tabungan usaha anda tidak mencukupi? untuk itu BPR KMI hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu para pelaku usaha dalam pengajuan kredit untuk modal usaha, dengan proses yang cepat, tenor serta syarat yang fleksibel, serta aman karena BPR di jamin oleh LPS dan di awasi oleh OJK. Jadi untuk modal usah kredit, cuma BPR KMI Solusinya 🙂
merintis usaha

Nah, demikianlah 5 langkah merintis usaha sendiri dengan modal kecil semoga berguna untuk keluarga KMI yang mau terjun ke dunia usaha.