5 Trik Kelola Keuangan Agar Tidak Bengkak Selama Puasa

Ini Dia 5 Trik Kelola Keuangan Agar Tidak Bengkak Selama Puasa

Gak terasa sudah memasuki bulan puasa lagi. Biasanya saat bulan puasa, banyak yang mengeluhkan keuangan jadi bengkak dua kali lipat dibanding biasanya. Hmm, seharusnya bisa lebih hemat lho. Lalu bagaimana caranya agar keuangan selama bulan puasa tidak bengkak? Simak tipsnya di bawah ini :

Menyiasati Harga Bahan Makanan yang Naik

Nah hal ini yang menjadi tantangan pertama dalam melakukan trik kelola keuangan belanja. Bahan makanan seperti daging, cabe, bawang, dan bumbu-bumbu bahan dasar sudah pasti naik. Cara menyiasatinya kurangi makan daging, perbanyak makan sayur dan protein nabati misalnya kacang-kacangan. Perbanyak juga makanan yang dipanggang, dan direbus.

Untuk hidangan sahur dan berbuka, pilih yang banyak mengandung serat misalnya oatmeal. Daripada makan yang mengandung banyak karbo plus lemak hewani tapi akhirnya kamu nanti sakit, harus keluar biaya lagi. Puasa jangan membuat kamu jadi harus keluar biaya untuk kesehatan hanya karena tidak menjaga pola makan sehat dan seimbang.

Jangan Terlalu Sering Menerima Undangan Buka Puasa

Tips Mengatur Keuangan

Kecuali ditraktir sih gak masalah. Tapi jika kamu harus mengeluarkan cukup banyak dana sampai harus mengorbankan dana darurat, it’s a big no. Daripada menerima undangan buka puasa lebih baik ajak mereka yang mengundangmu untuk buka puasa di rumah.

Malas memasak? Belajar dong, daripada keluar banyak biaya untuk kumpul-kumpul. Belum lagi jika buka puasa nya di tempat mewah, biasanya ajakan itu akan berlanjut nongkrong sambil ngopi. Lebih baik gunakan waktu sehabis berbuka untuk taraweh bersama keluarga, dan sahabat. Atau ikut kegiatan yang bermanfaat misalnya tadarusan, berbagi bersama anak yatim, dan kakek nenek di panti jompo.

Patuhi Rencana Anggaran Belanja

Mau belanja ke pasar, ke supermarket atau minimarket sekalipun jangan pernah lupa membawa catatan belanja. Agar kamu gak laper mata, dan akhirnya kebutuhan penting terlupakan untuk dibeli. Sampai rumah nyesel deh melihat barang belanjaan yang gak penting justru terbeli. Dan satu jangan tergoda beli double walau diskon. Ingat rencana anggaran belanja, bila perlu nih bawa uang secukupnya saja. Tinggalkan kartu debit dan kredit, agar kamu tidak tergoda menggesek.

Bayar Zakat Jangan Lupa

Yang terakhir ini gak boleh kamu lupa yah, untuk kamu yang muslim dan muslimah. Kewajiban membayar zakat hukumnya wajib. Khusus muslim atau muslimah yang tidak dapat menjalankan ibadah puasa karena hal tertentu misalnya hamil, memiliki sakit maag akut jangan lupa untuk membayar gantinya berupa santunan kepada 1000 anak yatim.

Butuh Dana Segar?

Bagaimana jika saat puasa, keuangan sebenarnya sedang sangat menipis dan baru ada dana segar ketika THR turun? Boleh saja mengajukan pinjaman dana tunai asal kamu sudah tahu berapa kebutuhan anggaran belanja dan kemampuan kamu saat akan membayar nanti. Jangan sampai pinjaman dana tunai melebihi kemampuan kamu membayar.

Tapi kalau boleh memberi saran sebaiknya gunakan pinjaman dana tunai untuk memulai usaha. Di bulan puasa ini, peluang usaha sangat banyak mulai dari makanan, busana hingga jasa bingkisan parsel.

Designed By Freepik