June 25, 2018 Info Menarik 0 comment

Gimana Agar Liburan Kamu Gak Over Budget? Intip 4 Tips Keuangan Pribadi Berikut

Buat kamu yang maniak liburan, pastinya punya anggaran dan rencana khusus untuk liburan. Tapi terkadang walaupun sudah dianggarkan tetap saja terkadang ada budget tak terduga. Sebenarnya ada lho tips keuangan pribadi agar liburanmu terutama jika liburan ke luar negeri tidak over budget. Intip 4 tips di bawah ini agar kamu tetap bisa berlibur tanpa over budget dan tidak akan membuat sengsara :

Tentukan Destinasi Liburan

Yang paling utama kamu harus menentukan akan ke mana liburan kamu. Cek apakah lokasi liburan cocok dengan tabungan kamu saat ini. Apakah harus menabung dahulu sebelum pergi, jika liburan ke luar negeri cek juga bagaimana kondisi negara di sana. Jangan sampai nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara yang kamu tuju lebih rendah. Hal ini berakibat budget yang sudah kamu rencanakan untuk liburan akan mengganggu pos keuangan lainnya.

Pelajari Kultur dan Daerah Negara Tempat Berlibur

Pakai guide memang menyenangkan, kamu jadi tidak harus nyasar tapi budget akan over. Jadi sebaiknya kamu mempelajari kultur dan budaya negara tersebut dengan lebih banyak ajak ngobrol penduduk lokal. Jangan malu berinteraksi dengan warga sekitar negara tempat kamu berlibur. Tak perlu malu jika bahasa Inggris kamu tidak bagus, tapi minimal bisa untuk berkomunikasi.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum yang ada di negara tersebut atau pergi ke tempat penyewaan sepeda, motor, atau mobil dekat stasiun atau bandara. Dengan begitu kamu bisa lebih bebas mengenal tempat wisata dan daerah-daerah yang mungkin saja tidak atau belum dijamah wisatawan lainnya.

Gak Perlu Bawa Banyak Barang

Bikin repot apalagi jika kamu hendak membeli oleh-oleh. Bawa saja 1 tas, dengan isi separuh untuk baju dan perlengkapan lain. Sisakan untuk keperluan lain misalnya perlengkapan mandi, dll. Jangan lupa juga untuk membawa tas cadangan untuk antisipasi plus kantong kresek untuk tempat pakaian kotor agar tidak tercampur dengan pakaian bersih.

Menabung Pada CIWIS

Cicilan wisata berjangka waktu 6-10 bulan mulai dari 588 ribu. Kamu bisa pergi 4 hari 3 malam ke negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapore. Dengan DP mulai 1 jutaan dan setelah lunas, kamu tinggal siapkan paspor yang masih berlaku, baju, dan pergi deh.

tips keuangan pribadi

Dengan CIWIS juga kamu gak perlu memikirkan harus nginep di mana dan makan apa. Karena dengan cicilan yang mirip tabungan tersebut budget sudah termasuk tiket objek wisata, hotel, makan, dan transportasi selama wisata.

Kecuali tentu saja oleh-oleh, kamu harus cadangkan budget untuk itu. Jika tak ingin kamu bisa memonetize dengan jasa titip. Minta saja mereka membuat wish list oleh-oleh apa saja yang diinginkan dan uang yang di transfer ke rekening kamu.

Nah, itu dia beberapa tips keuangan pribadi untukmu, Jadi tunggu apalagi segera rencanakan liburanmu ke negara-negara ASEAN dengan CIWIS.