5 Tips Penting Buat Anda yang Butuh Pinjaman Dengan Jaminan BPKB

Pinjaman uang dengan Jaminan BPKB memang kerap jadi pilihan praktis buat Anda yang butuh dana cepat. Walaupun begitu, bukan berarti menggadaikan dokumen berharga seperti BPKB ini merupakan hal sepele, ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih cara ini.

Misalnya, saat menggadaikan BPKB dan tiba-tiba kredit Anda macet di tengah jalan, siap-siap saja mendapat denda keterlambatan, atau bahkan bisa jadi kendaraan yang dijaminkan akan ditarik untuk menutupi sisa pembayaran yang tidak terselesaikan.

Nah buat kamu yang berencana menggadaikan BPKB untuk mendapat pinjaman sejumlah uang, berikut beberapa tip yang penting untuk diperhatikan.

 

  1. Pilih Perusahaan Yang Terpercaya

Banyak lembaga pembiayaan yang menerima jaminan BPKB untuk memberi pinjaman sejumlah uang. Tapi yang jadi masalah, perusahaan tersebut benar-benar terpercaya atau tidak? Atau setidaknya perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas jasa Keuangan (OJK) atau belum?

Selain itu, cek juga apakah lembaga pembiayaan tersebut sudah terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) atau tidak. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan BPKB Anda disekolahkan di tempat yang aman.

 

  1. Jangan Asal Cepat Cair

Pernah melihat iklan “Pinjaman Jaminan BPKB, Satu Jam Langsung Cair”. Percayalah, jangan sampai tergoda dengan iklan instant yang satu ini. Ingat, proses yang cepat bukan jaminan Anda akan mendapat fasilitas pinjaman yang diharapkan.

Sebelum memutuskan untuk memilih lembaga pembiayaan, pastikan Anda mempelajari syarat dan ketentuan pengajuan kredit dari lembaga tersebut, termasuk besaran bunga, denda keterlambatan dan hal lainnya yang mungkin terjadi dikemudian hari.

Jaminan BPKB Kendaraan

 

  1. Pilih Bunga Terkecil

Sejumlah lembaga pembiayaan pasti memiliki perhitungan bunga yang beragam untuk memberi pinjaman. Karena pinajam uang dengan Jaminan BPKB termasuk dalam kredit beragun, sebaiknya Anda pastikan pastikan bunga yang ditawarkan benar-benar kompetitif.

Untuk mendapatkan rincian bunga terkecil, tidak ada salahnya Anda berkeliling mengunjungi 1-3 lembaga keuangan ternama di kota Anda untuk membandingkan besaran bunga yang ditawarkan. Setelah ada perbandingan, baru Anda bisa memutuskan lembaga mana yang akan dipilih.

 

  1. Perhatikan Ketentuan Pinjaman

Walaupun tergolong paling cepat untuk mendapatkan pinjaman uang, tapi Anda harus paham jika lembaga pembiayaan tidak gampang memberikan pinjaman, mereka akan melihat bagaimana riwayat pembayaran Anda lewat BI Checking, kemudian melihat kondisi dari kendaraan Anda.

Biasanya, lembaga pembiayaan akan memberikan pinjaman dengan syarat usia kendaraan maksimal 9 tahun, kendaraan tersebut dalam kondisi layak pakai dan sejumlah persyaratan lainnya. Jika kendaraan Anda sudah memenuhi syarat, biasanya pencairan pinjaman hanya turun sekitar 80 persen dari nilai agunan.

 

  1. Pastikan Cicilan Tepat Waktu

Seperti disebutkan diatas, ada risiko yang harus Anda terima saat cicilan macet di tengah jalan, dari mulai denda keterlambatan hingga ancaman penyitaan aset. Makanya, sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman, pastikan Anda benar-benar mampu membayarnya.

Risiko lainnya yang lebih mengerikan, kredit macet bisa menyebabkan Anda masuk dalam daftar Blacklist Bank Indonesia, yang bisa diketahui lewat BI Checking. Kalau sudah begini, Anda dipastikan akan sulit atau bahkan mustahil mendapatkan pinjama kembali dari lembaga resmi.

Pasti tidak mau kan kejadian seperti ini menimpa Anda? Makanya sebelum mengajukan pinjaman dengan Jaminan BPKB, perhatikan dulu 5 hal diatas.