Begini Cara Mengelola Dana Pinjaman Multiguna untuk Renovasi Rumah

Sudah tahu alasan kuat kenapa ingin renovasi rumah dan menghitung dengan detail budget yang diperlukan sesuai kemampuan dalam mencicil. Akhirnya dana pinjaman multiguna untuk renovasi rumah kamu turun juga. Tapi gimana cara mengelolanya yah?

Utamakan Dana Darurat

Paling pertama kamu harus menyisihkan dana darurat. Kenapa? Karena mungkin saja di tengah proses renovasi ada pengeluaran tidak terduga misalnya untuk pemipaan atau instalasi listrik, dan kenaikan harga bahan bangunan secara mendadak.

Perhitungkan Dana Bayar Jasa Arsitek

Saat pengajuan pinjaman multiguna untuk kredit renovasi rumah salah satu syaratnya adalah adanya dokumen Rencana Anggaran Biaya (RAB). Dokumen ini adalah syarat permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Jadi kamu bisa meminta bantuan arsitek dalam menyiapkan gambar kerja dan menghitung RAB, agar perhitungan lebih tepat dan mudah. Tentu saja kamu juga tetep perlu membayar jasa arsitek terutama dalam merenovasi rumah kamu. FYI, harga jasa mereka bervariasi, ada yang dibayar per meter persegi, ada pula yang berdasarkan persentase nilai proyek. Harga nya berkisar antara 5 hingga 10%.

pinjaman kredit multiguna

Bagaimana Jika Dana Dikeluarkan Bertahap?

Karena proses pencairan dana kredit renovasi berbeda setiap bank, ada yang langsung 100 persen tunai seperti pinjaman multiguna KMI. Ada pula yang bertahap berdasarkan tahapan renovasi, misalnya tahap pembongkaran dan konstruksi, pengerjaan dinding dan atap, dan finishing. Jadi jika sumber dana renovasi rumah kamu terbatas, pintar-pintarlah mengatur pengeluaran. Dan ingat ini yang harus kamu lakukan jika dana yang diberikan bertahap

Laporkan Setiap Tahap Pengerjaan Renovasi

Untuk bank yang mencairkan dana kredit renovasi secara renovasi sesuai perkembangan tahap pengerjaan, kamu perlu membuat laporan progress pengerjaan renovasi. Progress report biasanya berupa foto dan berita acara yang nantinya akan dinilai oleh bank.

Denda Keterlambatan Jangan Dicuekin

Mengajukan pinjaman multiguna untuk dana renovasi rumah berarti kamu sudah paham dan setuju bahwa cicilan harus dibayar tepat waktu. Jadi kalau kamu telat bayar cicilan bank akan memberikan sanksi berupa denda keterlambatan. Dan biasanya dihitung berdasarkan jumlah hari dan dikalikan dengan presentase tertentu dari jumlah cicilan bulanan. So, bayar cicilan tepat waktu yah

Nah kamu sudah paham kan bagaimana cara mengelola pinjaman multiguna untuk dana renovasi rumah kamu? Sekarang kamu bisa memilih kira-kira pinjaman multiguna mana yang paling sesuai plafonnya dengan kemampuan kamu dalam mencicil setiap bulannya.

Salah satu pinjaman multiguna yang bisa kamu pertimbangkan adalah dari Kredit Mandiri Indonesia. Dengan nilai pinjaman yang tinggi hingga 70% dari nilai jaminan, suku bunga flat dan biaya yang kompetitif, proses yang lebih cepat dan syaratnya yang mudah plus terdaftar dan diawasi OJK.