Bolehkah Pinjaman Dana Tunai Dipakai Buat Biaya Nikah?

Mahalnya biaya pernikahan membuat banyak pasangan memutuskan untuk mengambil Pinjaman Dana Tunai untuk membiayai pernikahan, dari mulai mengurus biaya akad nikah, persiapan resepsi, biaya mas kawin, biaya jamuan tamu dan berbagai pengeluaran lainnya.

Sebenarnya Boleh Tidak Mengajukan Pinjaman Untuk Biaya Penikahan?

Sebenarnya boleh-boleh saja, asal kita tahu aturan dan pilih pinjaman yang tepat. Jika Anda tidak punya barang atau aset yang bisa dijaminkan, mengambil pinjama KTA untuk biaya pernikahan bisa dijadikan solusi. Tapi sebelum itu, sebaiknya kenali dulu beberapa hal berikut ini.

 

Hitung Biaya nikah

Besar kecilnya biaya pernikahan sebenarnya tergantung bagaimana Anda menyusun konsep acara pernikahan itu sendiri. Jika mengambil konsep yang sederhana, mungkin biaya yang ditanggung tidak akan terlalu besar, tapi kalau ingin pernikahan yang mewah, biayanya pun pasti akan lebih besar.

Berikut merupakan beberapa pos pengeluaran yang harus Anda persiapkan sebelum menggelar resepsi pernikahan.

  1. Biaya mas kawin, biasanya ini ditanggung oleh pihak mempelai pria.
  2. Biaya katering untuk akad nikah dan resepsi. Biasanya biaya ini ditanggung oleh pihak mempelai pria dan wanita dengan pembagian sesuai dengan kesepakatan
  3. Biaya sewa gedung, biaya akad dan resepsi. Khusus untuk biaya gedung, hal ini bisa dipangkas jika Anda menggelar acara pernikahan di rumah.
  4. Biaya fotografi sebelum dan saat acara (termasuk video shooting). Biaya ini ditanggung oleh kedua mempelai, dan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Biaya dekorasi acara resepsi dan akad. Biasanya ditanggung oleh mempelai pria dan wanita. Sebaiknya disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.
  6. Perlengkapan baju untuk mempelai laki-laki dan wanita. Biaya ini biasanya sudah satu paket dengan biaya dekorasi dan acara pernikahan.

Jika daftar tersebut sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mencari sumber dana untuk menutupi semua biaya, termasuk biaya tidak terduga.

pinjaman biaya menikah

 

Pinjaman Pernikahan Adalah Langkah Terakhir

Mungkin Anda sudah menyisihkan sebagian uang untuk menggelar acara pernikahan. Jika angka yang dibutuhkan sudah keluar, dan biaya pernikahan masih kurang, mungkin Pinjaman Dana Tunai bisa dijadikan solusi.

Prinsipnya sebenarnya sama seperti mengajukan pinjaman lainnya. Agar dana yang didapat bisa maksimal, dan tidak memberatkan di kemudian hari, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti :

  1. Memilih Bank atau lembaga pembiayaan yang sudah terpercaya.
  2. Hitung besaran bunga yang harus dibayar.
  3. Perhitungkan kemampuan keuangan Anda dan pasangan.
  4. Pilih tenor maksimal, dengan risiko bunga yang dibayar mungkin akan semakin besar.

Keputusan untuk mengajukan pinjaman dana ini harus dibicarakan dengan calon pasangan, termasuk siapa yang akan menanggung hutang ini dan darimana sumber dananya. Hal ini dimaksudkan agar pasangan tidak kaget dengan hutang yang Anda miliki.

 

Cari Fasilitas Pinjaman Khusus Pernikahan

Beberapa lembaga keuangan sekarang ini sudah menyediakan fasilitas pinjaman khusus untuk pernikahan. Bentuknya macam-macam, ada yang berupa KTA atau kredit tanpa agunan, ada pula yang berbentuk pinjaman multiguna atau dengan agunan.

Tenornya pun beragam, walaupun kebanyakan menyediakan tenor pinjaman hingga 3 tahun dengan syarat-syarat tertentu. Intinya, di sini Anda harus lebih cerdas dalam mencari sumber pinjaman, dan harus pintar dalam menggunakan Pinjaman Dana Tunai yang sudah didapat.