Ini Syarat jika Anda Ingin Ajukan Pinjaman Dana Tunai Untuk Modal Usaha di Bank

Saat ingin mulai membuka usaha sendiri, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah, dari mana sumber modalnya. Jika ingin menggunakan uang pribadi (baik dari tabungan atau hasil jual aset), mungkin itu lebih baik. Tapi kalau tidak tersedia, Pinjaman Dana Tunai bisa dijadikan pilihan.

Sekarang ini mayoritas bank sudah memberikan fasilitas khusus pinjaman dana untuk modal usaha. Cuma bedanya, ada Bank yang menyediakan pinjaman modal usaha dalam bentuk kredit multiguna atau dengan agunan, ada pula yang memberikan pinjaman tanpa agunan atau KTA.

Terlepas jenis pinjaman apa yang akan Anda pilih, berikut merupakan beberapa syarat yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan pinjaman untuk modal usaha.

 

Siapkan Berkas-Berkas Yang Dibutuhkan

Syarat umum yang harus dipenuhi saat ingin mengajukan pinjaman adalah fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Selain itu, biasanya pihak Bank pun akan meminta fotokopi NPWP dan berbagai berkas lainnya. Persiapkan semua itu, termasuk KTP yang masih berlaku!

Jika Anda baru saja pindah rumah dan data di KTP masih menggunakan data lama, Anda harus mencatumkan surat keterangan domisili, keterengan pindah dan dokumen lainnya yang dibutuhkan. Di sini, Anda harus aktif bertanya tentang kelengkapan administrasi ini.

 

Akta Nikah

Jika sudah menikah, Anda pun wajib mencatumkan fotokopi akta nikah. Hal ini dimaksudkan untuk memberi bukti jika harta yang akan dikelola merupakan milik bersama. Tentu saja harta bersama ini harus diketahui kedua belah pihak, baik oleh suami ataupun pihak istri.

Persyaratan ini wajib dipenuhi. Pasalnya, jika dikemudian hari terdapat masalah yang berkaitan dengan Pinjaman Dana Tunai, proses konfimasi dari pihak Bank dapat berjalan dengan lancar.

memulai bisnis

 

Fotokopi KK atau Kartu Keluarga

Persyaratan lainnya yang harus dilengkapi adalah fotokopi kartu keluarga (KK). Walaupun sudah ada KTP dan NPWP, syarat ini kerap diminta pihak Bank untuk mengetahui seberapa banyak beban atau anggota keluarga yang jadi tanggungan Anda.

Dengan adanya fotokopi KK, nantinya pihak bank akan memperkirakan kesanggupan Anda dalam membayar tagihan bulanan. Kalau anggota keluarga Anda terlalu banyak, mungkin pihak bank akan ragu dengan kemampuan Anda dalam menyelesaikan pembayaran nanti.

 

Fotokopi Buku Tabungan

Pihak bank pun tahu jika Anda mengajukan pinjaman, berarti Anda sedang membutuhkan uang, meskipun ditujukan untuk modal usaha. Nah fungsi dari buku tabungan ini bukan untuk melihat seberapa besar jumlah tabungan Anda, tapi untuk memperkirakan bagaimana kondisi finansial Anda.

Pihak Bank sendiri biasanya akan meminta mutasi buku tabungan dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Dengan cara ini, kemampuan finansial Anda terlihat dengan jelas. Makanya, pastikan pemasukan dan pengeluaran dalam rekening Anda konstan, atau setidaknya mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

 

Slip Gaji

Slip gaji sangat dipertimbangkan pihak bank saat akan memberikan peminjam dana. Dengan adanya slip gaji, ini membuktikan jika Anda memiliki pemasukan tetap, sehingga kemampuan keuangan Anda bisa diukur dari sana.

Di sini, Anda tidak bisa berbohong atau memotifikasi slip gaji. Pasalnya, pihak bank bisa saja melakukan verifikasi kepada pihak perusahaan tentang besarnya gaji yang Anda terima tiap bulan. Selain itu, sebenarnya hal ini pun sudah terpantau dari mutasi buku rekening Anda.

Intinya, buat pihak Bank menaruh kepercayaan kepada Anda. Saat mereka sudah percaya, maka Pinjaman Dana Tunai yang Anda ajukan akan lebih mudah disetujui. Bahkan saat pembayaran Anda dinilai lancar, tidak jarang pihak bank akan menawarkan program lainnya yang lebih menarik.

Jika Keluarga KMI membutuhkan modal usaha, BPR KMI siap membantu anda, apalagi kalian yang mau bikin startup bisa kok dibantu. Gak usah capek-capek datang kekantor kami, silahkan isi aplikasi disini, biar Tim Customer Service kami yang akan menghubungi anda.

Butuh dana dengan proses cepat?

AJUKAN KREDIT SEKARANG !

Ajukan!