Kapan Saatnya Renovasi Rumah? Kenali Tanda Ini Dulu Sebelum Lakukan Pinjaman Uang Tunai

Kenali Tanda Ini Dulu Sebelum Lakukan Pinjaman Uang Tunai

Sudah tinggal nyaman di sebuah hunian tapi terkadang kita lupa mengenali tanda bahwa rumah yang kita huni perlu direnovasi, dan kalau uang sedang tidak cukup, pinjaman uang tunai bisa jadi pilihan kok. Namun jangan buru-buru, agar tidak bingung kenali tanda-tanda ini, dan jika kelima tanda ini sudah nampak jelas segera buat planning untuk merenovasi rumah.

Atap Bocor

Waduh kalau yang ini bahaya jika kamu tidak segera merenovasi atap. Sekalipun sudah menggunakan cat pelapis tapi terkadang atap bisa bocor. Sangat wajar jika sesudah lima tahun atap rumah kamu perlu direnovasi. Karena jika didiamkan bisa mengakibatkan bencana, gak mau dong mendadak punya air terjun di rumah hanya karena atap yang bocor. Segera renovasi rumah sebelum benar-benar memiliki air terjun gratis di dalam rumah.

Lantai Mulai Menggelembung

Ketika berjalan rasanya ada lantai yang menggelembung. Jangan dibiarkan karena kondisi tersebut berbahaya. Apalagi jika kamu menginjaknya terus menerus tanpa memakai alas kaki. Lantai menggelembung terjadi karena cara pemasangan yang kurang tepat dan akibat perubahan cuaca yang ekstrim.

Plafon Roboh

Sedang enak-enak tidur tiba-tiba ketiban kucing yang sedang berjalan di atas plafon rumah. Masih untung kalau plafon tersebut gak roboh kena kepala. Kalau kepala sampai bocor karena plafon roboh harus keluar biaya lagi untuk operasi kepala yang bocor.

Jadi jika melihat sekiranya plafon rumah sudah agak turun dan berbunyi kriet-kriet, terlihat agak retak. Sebaiknya segera renovasi dengan mengganti material plafon metal berbahan dasar baja ringan dengan ukuran antara 2,8 hingga 3,2 meter. Jangan gunakan plafon kayu karena risikonya besar dan sangat ringkih.

Dinding Mulai Retak

pinjaman uang tunai

Jangan tunggu retaknya seperti terkena gempa yah. Jika sudah melihat dinding rumah dengan retakan yang tidak beraturan segera renovasi. Penyebab utamanya adalah unsur-unsur pembentuk bahan plesteran tidak teraduk rata, seperti pasir yang tidak bersih dan mengandung tanah. Jangan sampai dinding yang retak keburu runtuh dan mengancam keselamatan orang di dalam rumah kamu, lebih baik segera renovasi dan lakukan pinjaman uang tunai jika tabungan kamu belum cukup.

Digerogoti Rayap

Binatang musuh terbesar pemilik rumah ini menurut riset dapat mengakibatkan kerugian hingga total Rp 2, 67 triliun. Dengan rata-rata persentase serangan pada bangunan mencapai angka lebih dari 70%.

FYI, sekitar 90% bangunan di Jakarta rawan ambruk akibat digerogoti rayap. Bangunan yang ambruk tentunya menimbulkan risiko besar dan tidak main-main. Ada dua cara efisien jika ingin menghindari rumah dari rayap. Pertama lapis kayu yang akan diolah menjadi jendela dengan cairan khusus anti rayap. Kedua menaruh kapur pada kayu. Namun solusi paling cepat dan efektif adalah gunakan jasa pest control mengusir rayap yang mengganggu rumah kamu.

Jika rumah sudah terlanjur digerogoti rayap mau tidak mau harus segera lakukan tindakan renovasi rumah. Perhitungkan biaya yang akan dikeluarkan, jika membutuhkan banyak pengeluaran sementara rumah harus segera direnovasi ajukan saja pinjaman multiguna Kredit Mandiri Indonesia dari BPR Kredit Mandiri.

Dengan nilai pinjaman yang tinggi hingga 70% dari nilai jaminan, suku bunga flat dan biaya yang kompetitif, proses yang lebih cepat dan syaratnya yang mudah plus terdaftar dan diawasi OJK.