Perhatikan Hal Ini Sebelum Mencari Pinjaman Uang untuk Modal Bisnis

Membuka usaha sendiri merupakan solusi cerdas di tengah sulitnya lapangan pekerjaan. Yang jadi masalah, bagaimana dengan modalnya? Dalam kondisi ini, salah satu hal yang biasa Anda lakukan adalah, berusaha mencari Pinjaman Uang yang cukup untuk digunakan sebagai modal usaha.

Apa Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mencari Pinjaman Modal?

Sebelum memutuskan untuk mencari pinjaman modal, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dulu agar uang hasil pinjaman tersebut bisa digunakan dengan maksimal, dan tidak menimbulkan masalah finansial dikemudian hari.

 

  1. Lakukan Riset

Sebelum memutuskan untuk mencari pinjaman, lakukan dulu riset tentang usaha yang akan dijalankan. Misalnya bisnis kuliner, teknologi dan lainnya. Setelah itu, pelajari cara mendapat penghasilan yang maksimal dari bisnis tersebut, dan berapa modal yang dibutuhkan.

Sebagai catatan, perhitungan modal harus dilakukan secara hati-hati dan cermat. Pasalnya, modal akan sangat berpengaruh pada kelangsungan dari usaha Anda. Jangan sampai Anda sudah terlanjur meminjam sejumlah uang, tapi justru uang tersebut tidak cukup digunakan untuk menjalankan bisnis.

Makanya, alur yang semestinya Anda gunakan adalah, tentukan jenis usaha, hitung berapa modal yang dibutuhkan, baru menentukan jumlah pinjaman yang akan diajukan.

pinjaman uang

 

  1. Pilih Lembaga Keuangan

Setelah angka-angka tersebut didapat, saatnya mencari lembaga keuangan yang dapat memberikan pinjaman modal usaha. Untuk modal awal, sebaiknya cari lembaga keuangan yang memberikan pinjaman bagi mereka yang akan merintis usaha. Kalau tidak ada, pinjaman dengan jaminan merupakan pilihan terbaik.

Perhatikan juga lembaga keuangan yang  Anda pilih. Agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari, pastikan Anda memilih lembaga keuangan yang sudah resmi. Selain itu, mereka pun bisanya memberikan pinjaman dengan bunga yang lebih masuk akal.

 

  1. Baca dan Penuhi Syarat Pengajuan Pinjaman

Sebelum menyerahkan jaminan dan membubuhkan tanda tangan persetujuan, sebaiknya periksa dulu syarat, hak dan kewajiban Anda sebagai pihak yang meminjam. Selain itu, hitung juga tenor atau durasi cicilan, bunga dan hal lainnya.

Dalam proses ini, pastikan Anda tidak memanipulasi data demi mendapat jumlah pinjaman yang diinginkan. Pasalnya, terlalu memaksakan diri agar mendapat Pinjaman Uang lebih besar tanpa berfikir cara membayarnya, berisiko besar membuat Anda masuk dalam daftar merah kredit macet.

Bagaimana jika dana yang didapat belum mencukupi untuk modal usaha?

Ini banyak terjadi saat orang ingin membuka usaha yang besar, tapi terkendala dengan modal. Dalam kondisi ini, biasanya mereka memilih untuk memanipulasi data, meminjam kepada dua lembaga keuangan atau menjual aset yang dimiliki.

Dari semua solusi tersebut, sebaiknya Anda menjual dulu aset yang dimiliki, tapi tidak terkait dengan bidang usaha yang sedang dijalankan. Kalau tidak ada aset, Anda bisa joint dengan orang atau rekan Anda untuk sama-sama menjadi investor dalam bidang usaha yang akan Anda jalankan.

 

  1. Buat Perencanaan Bisnis

Setelah modal didapat, bidang usaha sudah siap dijalankan, saatnya Anda membuat perencanaan bisnis. Selain untuk memastikan usaha Anda bisa berjalan sebagaimana mestinya, perencanaan bisnis ini penting dilakukan agar cicilan pinjaman modal yang harus Anda selesaikan tidak terbengkalai begitu saja.

Caranya, tentukan rencana (target) keuntungan, biaya operasional, termasuk alokasi dana cicilan modal dan dana simpanan perusahaan. Untuk tahap awal, hindari menyerap tenaga kerja (karyawan) terlalu banyak. Sebagai gantinya, sebaiknya gunakan tim kecil yang bekerja dengan efektif.

Nah itu dia beberapa trik yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan Pinjaman Uang untuk modal usaha. Selamat mencoba!