Jaminan BPKB Kendaraan Buat Bayar Sekolah Anak?

Saat tahun ajaran baru datang, banyak orangtua yang bingung saat harus memasukan anaknya ke sekolah, terlebih jika dana pendidikan anak tidak dipersiapkan sejak dini. Dalam kondisi ini, pinjaman dana dengan Jaminan BPKB pun kerap dijadikan solusi!

Apakah bolah mengajukan pinjaman untuk biaya sekolah anak?

Tentu saja boleh. Memasukan sekolah dengan dana pinjaman bukan hal yang baru, bahkan banyak dilakukan orangtua di Indonesia. Di sisi lain, pihak sekolah pun tidak akan menanyakan perihal sumber uang sekolah yang Anda dapatkan.

Walaupun begitu, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mengajukan pinjaman, diantaranya :

 

  1. Pilih-pilih Sekolah Dulu

Sebelum menentukan sekolah mana yang akan dituju, sebaiknya lakukan survey terkait kualitas dan biaya pendidikan yang harus dikeluarkan. Hal ini mencegah kemungkinan Anda terjebak dalam iklan sekolah yang terlihat meyakinkan, padahal kualitasnya biasa-biasa saja.

Proses pilih-pilih sekolah ini bisa dilakukan dengan cara menggali informasi langsung dari pihak sekolah, website, guru-guru, atau orangtua siswa lainnya. Ingat, sebelum memutuskan untuk memilih sekolah tersebut, setidaknya siapkan 3 alternatif sekolah dari mulai prioritas 1-3.

 

  1. Pinjam Sesuai Dengan Kebutuhan

Saat mengajukan pinjaman, pastikan Anda sudah tahu jumlah kebutuhan sekolah Si Kecil, dari mulai biaya masuk, seragam sekolah hingga alat tulis. Hitung semua biaya tersebut, dan periksa aset yang bisa digunakan untuk menutup semua kebutuhan tersebut.

Misal, jika kebutuhan total hanya sekitar dibawah 10 Juta, Anda bisa menjaminkan BPKB sepeda motor untuk mendapat pinjaman, sementara jika biaya yang dibutuhkan diatas 20 Juta, atau bahkan lebih, pinjaman dengan Jaminan BPKB mobil merupakan solusinya.

 

  1. Perhatikan Tenor Pinjaman

Pinjaman multiguna atau pinjaman dengan Jaminan BPKB biasanya menawarkan tenor cicilan yang cukup panjang. Tapi sebelum itu, perhatikan durasi sekolah anak. Jika Anda butuh uang untuk memasukan anak ke SMP atau SMA, sebaiknya pilih tenor cicilan 2 tahun saja.

Pinjaman Jaminan BPKB

Alasannya, saat masuk tahun ketiga, biasanya anak SMP atau SMA membutuhkan banyak biaya, dari mulai biaya ujian, bimbingan belajar dan lainnya. Selain itu, dalam satu tahun ini Anda bisa mempersiapkan (biaya) anak untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi.

 

  1. Perhatikan Biaya Tak Terduga

Yang namanya sekolah, terkadang ada biaya tak terduga yang harus Anda keluarkan, dari mulai uang ujian, keperluan praktikum, biaya buku dan hal lainnya. Walaupun kecil, biaya tak terduga ini harus dipersiapkan dengan matang karena bisa berpengaruh pada performa keuangan keluarga Anda.

Agar bisa mempersiapkan biaya tak terduga tersebut, tidak ada salahnya Anda bertanya langsung kepada pihak sekolah terkait biaya-biaya tersebut. Selain itu, Anda pun bisa bertanya kepada orangtua murid yang sudah lebih dulu menyekolahkan anaknya disana.

 

  1. Pakai Fasilitas Pemerintah Saja

Jika dihitung-hitung terasa berat menyekolahkan anak ke sekolah swasta, kenapa tidak memilih sekolah negeri saja. Saat ini, pemerintah sudah meluncurkan berbagai program bantuan pendidikan. Memang sih masih butuh biaya, tapi setidaknya tidak setinggi biaya saat masuk ke sekolah swasta.

Dengan cara ini, biaya yang harus Anda keluarkan tidak terlalu besar dan pengajuan pinjaman dengan Jaminan BPKB yang Anda lakukan pun tidak terlalu besar. Bahkan bukan tidak mungkin dana pinjaman tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang bersifat produktif?