March 11, 2019 Info Menarik 0 comment

Tips ampuh membeli rumah tanpa tertipu

Tips ampuh membeli rumah tanpa tertipu – Bila kamu ingin membeli rumah lakukanlah terlebih dahulu hal-hal yang penting agar tidak tertipu dan menyesal. Karena Prinsip kehati-hatian sangat dibutuhkan terutama generasi milenial yang sendang mencari tempat tiggal nyaman. Memiliki rumah adalah cita-cita bagi setiap orang. Agar tidak tertipu ketika membeli rumah, tips berikut dapat kamu lakukan.

1. Lakukan Survey
Proses survey sangat penting dilakukan saat ingin membeli rumah agar kamu tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan tahu dengan pasti lokasinya. Lokasi rumah merupakan hal yang krusial untuk menjadi bahan pertimbanhan. Jika lokasi di perkotaan, maka kamu akan lebih mudah untuk berpergian dan pasti harganya pun akan jauh lebih mahal. Sebaliknya, Rumah yang terletak jauh dari perkotaan akan banyak menyita waktu dan yang pasti harganya lebih murah. Namun sekali lagi pastikan sesuai dengan yang anda butuhkan. dan Jangan lupa Perhatikanlah bahan-bahan bangunan yang digunakan. Sehingga rumah yang akan ditempati kokoh dan tidak perlu direnovasi kembali. Kemudian cari tahu legalitas pengembang perumahan tersebut, apakah sudah memiliki ijin dari dinas terkait atau belum.

Saat survey, kamu bisa menanyakan mengenai potensi wilayah dimasa depan. apakah wilayah tersebut akan dibangun jalan atau Pembangunan lain yang dapat menunjang peningkatan harga tanah. hal ini sangat penting, karena membeli rumah berati kamu telah melakukan investasi jangka panjang. Selain itu, pastikan juga fasilitas yang tersedia dalam lingkungan rumah anda. Seperti terdapat sarana pendidikan baik tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Universitas, fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit atau Puskesmas, fasilitas olahraga, fasilitas perbelanjaan, dan fasilitas keuangan seperti ATM. Sehingga dapat mempermudah anda dalam menjalankan kegiatan setiap hari.

 

2. Perhatikan Legalitas Tanah
Banyak kasus yang menyangkut masalah legalitas tanah khususnya pembangunan perumahan. Agar kamu tidak mendapatkan masalah dikemudian hari, sebaiknya pastikan legalitas tanah dan bangunan yang akan dibeli. Pertama, lihatlah surat rumah dan samakan antara posisi yang dicatat dan realitanya. Kedua, lakukan pengecekan perihal Izin Mendirikan Bangunan (IMB) agar kamu tidak membeli rumah di lahan yang dilarang oleh pemerintah. Lakukan juga engecekan Sertifikat Tanah (SHM/SHGB) ke BPN wilayah tersebut. Sehingga dapat menambah keyakinan kamu mengenai legalitas atas tanah yang akan kamu miliki. Cara ini cukup ampuh anda lakukan.

3. Cek Harga Rumah
Sebelum membeli, sebaiknya kamu melakukan survey harga rumah agar sesuai dengan kemampuan keuangan saat ini. Biasanya harga yang ditawarkan sudah termasuk biaya PPN, Biaya Akta Jual Beli (AJB),Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB)/Sertifikat Hak Milik (SHM), Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) dan biaya KPR. Namun, ada juga yang tidak termasuk biaya-biaya tersebut. Sehingga, Carilah harga yang sesuai dengan kemampuan anda saat ini.

4.Rencana Keuangan
Setelah kamu melakukan 4 hal di atas, mulailah membuat rencana keuangan jangka panjang agar dapat segera mungkin memiliki rumah baru. Buatlah rekening khusus untuk memastikan bahwa dana tersebut tidak digunakan untuk keperluan lainnya. Pastikan kamu dan pasangan secara konsisten mengisi rekening tersebut setiap bulan dari gaji atau penghasilan lainnya yang sudah disisihkan. Selain cocok dengan harganya, kamu juga perlu mempertimbangkan skema pembayarannya, terutama jika membelinya dengan sistem KPR. Untuk meringankan kamu dalam membeli rumah yang diidamkan, carilah penghasilan tambahan. Karena saat ini banyak sekali peluang bisnis yang dapat anda lakukan.

Semoga Tips di atas dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan rumah idaman.

Baca Juga :
Mengapa Para Pengusaha Sukses selalu Bangun lebih Pagi
5 Cara ampuh agar konsisten dalam berbisnis
5 Cara Ampuh Agar Resolusi Bisnismu di Tahun Baru bisa Sukses!
5 ide bisnis menguntungkan menjelang liburan akhir tahun
Tips Cerdas Agar Liburan tidak Over Budget
Punya 6 tanda ini dalam di anda? Maka segeralah menjadi pengusaha!
Abaikan Mitos – Mitos ini Jika Ingin Sukses Membangun Usaha

Jika anda membutuhkan modal usaha, PT BPR Kredit Mandiri Indonesia siap membantu anda, semua profesi bisa kami bantu seperti karyawan swasta atau wirausaha. bukan hanya untuk modal usaha. akan tetapi, bisa juga untuk biaya pernikahan, pendidikan, dan investasi. Silahkan isi aplikasi disini, dan kami akan segera menghubungi anda.

Butuh dana dengan proses cepat?

AJUKAN KREDIT SEKARANG !

Ajukan!