June 28, 2018 Info Menarik 0 comment

Tips Mengatur Keuangan yang Wajib Diketahui Pengusaha Pemula

Bagaimana sih Tips Mengatur Keuangan Untuk Pengusaha Pemula?

Apapun bentuk usaha yang kamu geluti, sampingan atau full time, offline atau online wajib tahu tips mengatur keuangan berikut. Agar usaha kamu gak sekedar menjadi penghias CV atau riwayat hidupmu. Cek ulasannya di bawah ini :

Wajib Pisahkan Uang Usaha dan Uang Pribadi

Buat dua rekening agar uang usaha tidak tercampur dengan uang pribadi. Kamu tentunya perlu dong menggaji dirimu sendiri. Besar kecil gaji untuk pemilik usaha tergantung keuntungan usaha kamu. Dengan kamu memiliki dua rekening, kamu tidak perlu bingung jika ingin membelanjakan uang untuk urusan pribadi. Tahap pertama ini yang terkadang membuat pengusaha pemula cepat bangkrut karena tidak antisipasi di awal.

Buat Rencana Penggunaan Uang

Perencanaan ini digunakan untuk menghindari situasi kekurangan dana. Saat usaha kamu sudah mulai mendatangkan keuntungan, penggunaan uang juga harus diperhitungkan walau hanya untuk pengeluaran atau dana operasional usaha. Harap diingat jangan pernah tergiur menghamburkan uang meski saldo kas berlebih yah.

Kalau kamu berencana belanja modal, pertimbangkan manfaatnya apakah hal tersebut mampu meningkatkan penjualan.

Miliki Buku Laporan Catatan Keuangan

 Tips Mengatur Keuangan 1a

Walau usaha kamu baru dimulai catatan keuangan penting dimiliki. Buatlah laporan catatan keluar masuk uang secara riil dari berbagai pos. Kamu akan tahu seberapa besar aset usaha yang dimiliki, besaran keuntungan yang didapat, dll. Minimal miliki catatan keuangan kas masuk dan kas keluar. Agar keuangan usaha dengan mudah terpantau dan tercatat rapi dan kamu juga bisa tahu perkembangan usaha yang kamu dirikan.

Mengelola Arus Kas

Sebaiknya dalam menjalankan usaha, jangan hanya berpusat pada keuntungan. Pengelolaan dan manajemen keuangan harus meliputi pengelolaan uang modal, utang, piutang, dan persediaan barang. Agar usaha berjalan lancar dan arus kas terus berputar tidak macet, kamu harus menekan sistem penjualan lebih keras. Miliki prinsip walau penjualan item produk keuntungan yang didapat sedikit, namun secara kuantitas lebih banyak. Sehingga arus kas mengalir lancar. Tanamkan prinsip untung sedikit namun penjualan produk lebih banyak dan tidak pernah sepi order.

Selalu Kontrol dan Cek Harta, Utang, dan Modal

Kamu tetap perlu lho melakukan pengecekan keuangan untuk tahu stok barang yang akan kamu jual kepada konsumen. Jangan lupa juga mengecek tagihan dari supplier dan piutang pembeli. Hal ini penting agar tidak ada tagihan macet atau pembayaran yang dobel.

Miliki Komitmen dan Disiplin

Jika kamu mengajukan pinjaman usaha miliki komitmen dan disiplin yang tinggi untuk tidak telat atau bahkan terkena denda pembayaran. Karena akan berakibat tidak baik untuk arus keuangan usaha kamu.

Kalau kamu membutuhkan pinjaman untuk usaha kamu cek lagi apakah dengan pinjaman tersebut akan mendatangkan keuntungan untuk usaha kamu kelak? Apakah usaha kamu benar-benar membutuhkan dana lebih untuk belanja modal? Jika semua jawaban iya, segera ajukan pinjaman usaha melalui BPR Kredit Mandiri.

Dengan nilai pinjaman yang tinggi hingga 70% dari nilai jaminan, suku bunga flat dan biaya yang kompetitif, proses yang lebih cepat dan syaratnya yang mudah plus terdaftar dan diawasi OJK.