Home > Artikel > Kredit Linkage BPR Pola Excetuting atau Channeling
16-01-2023

Kredit Linkage BPR Pola Excetuting atau Channeling

Adalah Fasilitas Kredit kepada Lembaga Keuangan dengan cara melakukan aliansi strategis dengan BPR & Koperasi untuk mencapai sinergi dalam peningkatan ekspansi kredit melalui pola Excetuting atau pola Channeling.


Apa itu pola Excetuting atau pola Channeling?

 

Channeling menjadikan bank memberikan pembiayaan secara langsung  kepada nasabah sebagai end user melalui perusahaan mitra yang bertindak sebagai agen. Pembiayaan kepada end user adalah eksposur pembiayaan bank. Lalu, joint financing adalah pembiayaan bersama dimana sumber dana merupakan sharing antara bank dan perusahaan mitra.

 

Skema pada pola executing yakni bagi hasil, perusahaan mitra meneruskannya kepada end user, berupa pembiayaan bagi hasil atau non bagi hasil.

 

Penyaluran Kredit Linkage oleh BPR Kredit Mandiri Indonesia kepada sebuah BPR, Koperasi atau corporate sudah dilakukan di pertengahan tahun 2022, dengan tujuan untuk mempercepat business plan BPR Kredit Mandiri Indonesia.

 

Hanya lembaga seperti BPR, Koperasi dan Corporate yang bagus dan mempunyai track record yang akan dipilih untuk kerjasama dengan BPR Kredit Mandiri Indonesia. Adapun BPR, Koprasi dan Corporate seperti