Home > Artikel > 12 Ide Jualan Menjelang Ramadan yang Paling Dicari
07-03-2024

12 Ide Jualan Menjelang Ramadan yang Paling Dicari


Saat bulan puasa tiba, kebutuhan dan pola konsumsi masyarakat ikut berubah. Beberapa ide jualan bulan puasa berikut ini bisa mendatangkan pahala berkali lipat dibanding bulan biasa. Saat bulan puasa tiba, bisnis di bidang kuliner memiliki peluang besar jadi salah satu yang paling menguntungkan.

Berikut adalah rekomendasi ide jualan bulan puasa yang menarik dan banyak diminati, antara lain:

1. Baju muslim 

Lebaran tentu kurang afdol kalau nggak pakai baju baru kan maka dari itu ide jualan yang pertama tentu saja adalah berjualan baju lebaran. Menurut data Google Trends, ide jualan baju muslim selama bulan puasa memiliki potensi untuk mendatangkan banyak keuntungan, terutama karena permintaan baju muslim meningkat pesat menjelang Hari Raya Idul Fitri.  Item yang sering dicari adalah baju koko, gamis, tunik rok sampai celana kulot. Untuk melakukan promosi produk kamu bisa menggunakan platform Instagram, Facebook, WhatsApp business, atau situs e-commerce lainnya.  

2. Perlengkapan Ibadah 

Ide jualan bulan puasa yang satu ini mungkin sudah bisa kamu tebak. Memang selain baju muslim, berdagang peralatan ibadah bisa dibilang juga paling laku di momen Ramadhan dan lebaran. Nah untuk itemnya sendiri seperti mukena, sajadah, sampai sandal. Bisnis ini pun bisa kamu lakukan secara online maupun offline, yang penting jangan lupa untuk mempelajari perilaku konsumen di bulan Ramadhan. 


3. Hijab dan Aksesorisnya

Salah satu ide jualan selama bulan puasa yang masih berkaitan dengan fashion adalah hijab beserta aksesorisnya. Item fashion ini sangat diminati terutama selama bulan Ramadhan dan lebih lagi menjelang hari raya, tentunya supaya outfit saat acara kumpul-kumpul keluarga jadi lebih eye catchy.


4. Hampers dan Parcel 

Kamu senang berkreasi dengan menghias? kalau iya, ide jualan bulan puasa yang satu ini pasti cocok untuk kamu. Nah cara meraup cuan dengan kreativitas ini adalah dengan menatanya dan menjualnya. Faktanya usaha kreatif di bulan Ramadhan ini memang cukup potensial, sebab mengirim hampers dan parcel memang sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang Indonesia untuk saling menyambung tali silaturahmi jadi bukan hal yang mustahil kalau hampers dan parcel adalah salah satu produk jualan yang laris di bulan puasa.


5. Kue Lebaran 

Bulan puasa enaknya jualan apalagi ya? kalau kamu punya baking skill kamu bisa mencoba berjualan kue kering untuk lebaran, mengingat menyediakan kue sebagai hidangan saat menjelang lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Sudah pasti model bisnis ini sukses di bulan Ramadhan.


6. Menjual Toples Kue

Bukan hanya jualan kue lebaran, berjualan toples kue juga bisa jadi pilihan. Kalau tidak percaya cari dan lihat kenaikan volume pencarian kata kunci di google untuk  toples kue saat menjelang hari raya. Trend tersebut menunjukkan bahwa toples kue adalah salah satu dagangan yang laris di bulan puasa. Namun Karena toples jenis kaca berpotensi retak atau pecah saat proses pengiriman, maka jangan lupa untuk memperhatikan pengemasan produk, kalau perlu tambahkan kardus tebal Bubble wrap atau bahkan packing kayu. Dengan begitu pembeli akan puas dengan pelayanan kamu.


7. Buka Catering 

Kamu jago masak? Membuka catering bisa banget jadi usaha kreatif di bulan Ramadhan yang patut kamu coba. Saat bulan puasa banyak pekerja yang memesan catering karena alasan kepraktisan alias tak perlu lagi repot-repot menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa, makanya ide bisnis ini punya peluang yang cukup besar. Di era yang serba digital ini kamu bisa mempromosikan ide jualan kamu lewat media sosial untuk menarik minat konsumen. Kamu bisa menawarkan menu spesial Ramadhan di berandamu.


8. Jual Buah-Buahan 

Ide jualan puasa berikutnya adalah berdagang aneka buah segar saat bulan Ramadhan. Banyak orang yang menjadikan buah sebagai menu wajib khususnya seperti kurma. Selain itu buah bisa menjadi makanan untuk mengembalikan energi yang habis selama menjalankan ibadah puasa. Tak perlu lagi repot-repot memikirkan biaya sewa toko kamu bisa memasarkannya di pasar atau bazar Ramadhan


9. Frozen Food 

#KMFriends Mau beli makanan buat sahur/buka tapi malas untuk keluar apalagi saat ngabuburit  pasti antri dan desa-desakan. Percayalah, kini makin banyak orang yang berpikiran seperti itu. Berjualan frozen food bisa jadi ide jualan bulan puasa yang menguntungkan sebab produk siap santap seperti frozen food memudahkan orang yang sibuk dan butuh menu makanan yang praktis apalagi bagi orang-orang yang selama puasa tetap beraktivitas seperti hari biasa karena tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak. Produk frozen food bisa menjadi pilihan karena kepraktisan frozen food pembeli tak perlu repot-repot keluar rumah untuk mengantri. Tinggal digoreng atau dikukus sebentar hidangan sudah siap disantap.


10. Menjual Bumbu Siap Masak 

Pernah nggak kamu berfikir di satu sisi tetap ingin makan masakan rumahan yang sehat tapi di sisi lain kamu tidak punya banyak waktu untuk memasak menu berbuka puasa? Situasi di atas bisa menjadi peluang usaha lho, salah satunya adalah berjualan bumbu siap Masak. Kamu hanya perlu mengemas bumbu dapur yang sudah diracik dan dihaluskan. Hanya seperti itu mudah sekali bukan, #KMFriends?


11. Menjual Anyaman Kulit Ketupat 

Dua sejoli ketupat dan opor ayam adalah menu makanan yang tak bisa dilewatkan saat hari raya. Namun sulitnya menganyam kulit ketupat membuat banyak orang malas memasak ketupat. Kalau kamu ingin menangkap peluang usaha ini, kamu tidak perlu khawatir bisnismu tidak laku karena bisa dipastikan anyaman kulit ketupat akan laris manis dicari di hari-hari menjelang lebaran. 

 

12. Menjual Takjil 

Berjualan takjil adalah salah satu ide jualan bulan puasa yang menjadi Primadona. Bagaimana tidak, takjil sudah menjadi menu yang wajib hadir di bulan Ramadhan. Takjil yang bisa dijual pun beraneka ragam mulai dari bubur mutiara, jenang grendul, hingga aneka kue dan minuman es. Namun perlu diingat, kebanyakan menu takjil berbahan baku santan ini artinya makanan tersebut mudah basi. Supaya tidak rugi kamu bisa membatasi stok jajanan yang kamu jual atau kamu juga bisa memilih jajanan yang bisa tahan lama seperti pastel, onde-onde, lemper, kue cucur dan kue mangkok.

Jika peluang usaha tersebut sudah ada di depan mata namun kamu masih terkendala dengan modal, maka kamu bisa pertimbangkan untuk menggadai salah satu aset kamu di BPR Kredit Mandiri Indonesia. Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan Kredit Modal Usaha dari BPR Kredit Mandiri Indonesia. Cukup dengan menyimpan SHM/SHGB rumah atau ruko sebagai jaminan, kamu sudah bisa memulai bisnis di bulan yang penuh berkah ini. Selamat berpuasa!